Senin, 25 Juni 2012

MEMBANGUN JARINGAN BISNIS MELALUI SOCIAL MEDIA


Saat ini bagi seorang pebisnis dalam memasarkan produk atau jasanya mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman atau trend dunia online marketing. Facebook, Twitter, web/blog, serta gadget canggih semisal Blackberry menjadi kemestian dalam pergaulan bisnis, apakah anda sudah punya account facebook, twitter, Youtube, atau sudah mengoptimalkan penggunaan blackberry dan web/blog untuk memasarkan produk atau jasa Anda?

Dengan adanya account media sosial semacam facebook, twitter, google+, dan lain sebagainya  amat mudah masuk dan mengakses jaringan sebagai pasar produk/jasa  yang kita punyai, mari kita optimalkan penggunaan beberapa social media terutama facebook dan twitter.

A.   FACEBOOK (http://facebook.com)

Pengguna Facebook di Indonesia saat ini adaah 43,06 juta  account, artinya sekitar 17,72 % penduduk Indonesia adalah penggunanya. Berita Facebook lebih khusus untuk lingkungan yang kita kenal dan media untuk bersosialisasi sesama teman. Facebook  memiliki beberapa keterbatasan jika diperuntukan bagi pengembangan bisnis di sosial media, keterbatasannya adalah facebook membatasi kepemilikan teman hanya 5000-an, sehingga bagi pengembangam bisnis ini sangat mengganggu lagi pula  Facebook tidak memperkenankan adanya transaksi jual beli dalam sebuah akun.

Ada sebuah fasilitas penting facebook yakni Fanpage, berbeda dengan facebook konvensional, fanpage tidak ada istilah pertemanan, namun istilahnya ada 'like" atau nge-fan.  Kita harus membuat sebuah Fanpage yang menarik dan berguna sehingga membuat orang-orang "like" atau nge-fan dengan kita.  Kelebihan Fanpage dari Facebook konvensional adalah jumlah like yang unlimited sehingga memungkinkan kita terus mengembangkan bisnis, diperbolehkannya transaksi jual beli, manageable, serta ada report perkembangan interaksi antara pemilik fanpage dengan liker.

B.   TWITTER (http://twitter.com)

Jumlah pemilik akun Twitter di Indonesia adalah 19,5 juta (terbesar ke-5 di dunia). Sifat postingan twiter adalah update berita secara cepat. Dalam hal berbisnis di sosial media, twitter adalah salah satu media yang sekarang ini sedang "in". Untuk bisa memanfaatkan twitter sebagai media bisnis, maka sebuah akun twitter harus mempunyai banyak Follower.

OPTIMASI FACEBOOK DAN TWITTER

Optimalisasi account facebook dan twitter bisa dilakukan dengan cara memposting produk atau jasa kita ke lingkungan teman/follower kita  (khusus untuk optimalisasi Fanpage Facebook dan memperbanyak Follower twitter silahkan hubungi prayudi789@gmail.com). Untuk memposting informasi produk atau jasa kita, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, terutama  penggunaan alat bantu pada facebook atau twitter serta akses web atau blog berisi informasi lengkap poduk atau jasa kita. Beberapa alat bantu penting untuk kedua social media di atas menurut penulis adalah Hootsuite, RSS Graffiti, dan Twitterfeed.

1.     Hootsuite (http://hootsuite.com)
Fasilitas Hootsuite ini free dan dapat menjadwal update account social media kita secara berkala sesuai bulan, tanggal, jam yang kita inginkan. Account yang bisa diupdate memakai hootsuite antara lain di Facebook, Twitter, Foursquare, Linkedin, Wordpress, dan lainnya. Disamping itu Hootsuite ini dapat mengirimkan image, file, link web/blog/artikel yg sudah disingkat alamatnya. Alat bantu sejenis dengan Hootsuite ini antara lain: http://twuffer.com , http://tweetdeck.com
2.     RSS Graffiti (http://apps.facebook.com/rssgraffiti/
Alat bantu Facebook ini bisa mengupdate wall kita di Facebook secara otomatis yang berisikan artikel-artikel dari sebuah web/blog yang mempunyai link rss atau feed. Sementara itu pada setiap posting update dari ke wall kita di face book bisa kita tambahkan komentar statis/tetap yang berisikan gambaran produk/jasa yang kita inginkan (panjang uraian bisa lebih detail).
3.     Twitterfeed (http://twitterfeed.com)
Alat bantu twitter  ini bisa mengupdate account twitter kita secara otomatis yang berisikan artikel-artikel dari sebuah web/blog yang mempunyai link rss atau feed. Sementara itu pada setiap posting update dari ke wall kita di face book bisa kita tambahkan komentar statis/tetap (panjang uraian terbatas)

C.   WEB DAN BLOG

Punya account Facebook dan Twitter saja belumlah menjamin target pasar kita mengenal produk/jasa yang kita tawarkan. Setiap pebisnis harus mempunyai web berbayar (alamat internet berakhiran com, net, info, co.id dan lainnya) ataupun blog yang gratis semisal yang ditawarkan Wordpress (http://wordpress.com) ataupun Blogspot (http://blogspot.com)

Web berbayar

Web berbayar, adalah sebuah alamat di dunia maya, milik pribadi/perusahaan, akses membuka informasinya lebih cepat dari blog gratisan. Contoh web berbayar adalah www.ShafaMarwaSukses.org, www.OlehOlehBekasi.com, www.IndoJilbab.com  Harga nama domain sekitar Rp 100 ribu saja, namun web berbayar ini harus diisi dengan uraian poduk/jasa kita, nah yang membuat web ini namanya web developer, ongkos pembuatan ditambah fasilitas upadate amat bervariasi (bisa murah atau mahal tergantung dari isi web dan fasilitasnya)

Blog Gratisan

Blog gratisan mudah diupdate dan tidak perlu pengetahuan mendalam bahasa pemograman web, semua sudah disediakan secara gratis oleh pengembang webnya. Nama blog gratisan selalu diakhiri oleh nama developer blog gratisan itu. Jangan malu pakai blog gratisan karena banyak perusahaan ataupun tokoh perorangan mempergunakan blog gratisan. Contoh alamat blog gratisan adalah http://pengusahapks.wordpress.com, http://gemashafamarwa.wordpress.com

Kenapa web dan blog gratisan penting? Karena disetiap postingan kita di Facebook ataupun tweet Twitter  harus selalu menyertakan alamat web/blog, ataupun menyertakan link artikel promosi. Contoh link artikel promosi adalah http://shafamarwasukses.org/marketing-plan/

D.   BLACKBERRY (BB)

Saat ini bermacam pilihan gadget canggih banyak tersedia, baik blackberry, Ipad, dan lainnya,  namun di Indonesia saat ini pemakaian Blackberry sudah amat umum di berbagai kalangan masyarakat tua ataupun muda. Namun optimalisasi pemakaian blacberry untuk bisnis belum banyak dilakukan. Kami berikan beberapa cara untuk optimalisasi blackberry

1.     Social Feeds
Penggunaan aplikasi New Post dan Post Link RSS dari Social Feeds  pada blackberry amat powerfull, aplikasi ini secara bersamaan bisa posting promosi/link feed/rss  ke 5 (lima) account twitter, facebook, status blackberry messenger, gtalk, yahoo messenger (ym). Catatan: Acount twitter pada blackbery bisa digunakan maksimal untuk 5 (lima) account berbeda
2.     Black Berry Messenger (BBM)
Data Status dan Picture pada My Profile serta fasilitas Broadcast Message belum banyak dioptimalkan. Sebuah HP blackberry dibatasi kontaknya sebanyak maksimal 2000 kontak, semua kontak adalah target market produk/jasa kita. Pertanyaannya, berapa banyak kontak di HP BB Anda? Kemudian berapa banyak Anda mempunya HP BB? Catatan: Ada seorang pakar marketing yang punya enam HP blackberry dan masing-masing mempunyai kontak 2000 orang yang berbeda guna keperluan marketing produk/jasanya sendiri ataupun memasarkan produk/jasa pihak lain.
3.     Auto Text
Ada satu fitur dari BB yang wajib diketahui oleh penguna BB yakni Auto Text. Auto Text adalah mengetik kata kunci lalu menggantikan iklan/promosi/data yang sudah kita buat sebelumnya. Caranya masuk ke Options, Typing and InputWord Subsitution, tekan logo BB, New, Logo BB, Save. Nah setiap kita ingin mengetik uraian produk/jasa secara lengkap maka ketik saja kata kunci lalau akan digantikan oleh uraian poduk atau jasa yang sudah kita buat sebelumnya.

E.   MAILING LIST

Mailing list atau disingkat milis juga sarana penting untuk menambah jaringan dan memasarkan produk/jasa kita. Mailing list yang umum biasanya di dibuat menggunakan Google dan Yahoo. Kita dapat berlangganan mailing list sesuai dengan jenis usaha kita ataupun sesuai dengan komunitas profesi/golongan.

Salah satu contoh milis adalah mailing list Pengusaha PKS di Google yang beralamat di http://groups.google.com/group/pengusahapks. Untuk mendaftar ke milis ini silakan kirim email ke pengusahapks+subscribe@googlegroups.com  dan mulai mengirim berita, kirimkan ke email pengusahapks@googlegroups.com.  Salah satu milis bisnis umum yang kami anjurkan untuk diikuti adalah http://finance.groups.yahoo.com/group/Indonesia-Young-Entrepreneurs

F.    SITUS JUAL BELI

Beberapa situs/web jual beli perlu diikuti oleh Anda untuk memperluas pasar produk atau jasa, kami rekomendasikan situs berikut untuk dicermati: Kaskus Jual Beli (http://www.kaskus.co.id), Toko Bagus (http://tokobagus.com), Dino Market (http://dinomarket.com), Multiply (http://multiply.com). Oh ya sedang dikembangkan situs web jual beli Pengusaha PKS yang beralamat di http://pengusahapks.net

G.   EMAIL

Email di yahoo atau di google wajib dimiliki oleh setiap pengusaha, ada bagian penting dari email yang harus dibuat secara jelas untuk menerangkan jasa atau produk  yaitu pada bagian Signature atau tanda tangan. Pada bagian Signature ini harus kita jelaskan nama kita, produk/jasa, no HP, no pin bb, email, web/blog, account twitter/fb. Pembuatan signature bisa dilakukan memakai Microsoft Outlook ataupun langsung via Blackberry

H.  SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)

Adalah cara agar para calon konsumen produk dan jasa kita, apabila mereka mencari sebuah barang atau jasa pada mesin pencari (yang terkenal Google) atau Googling maka situs web/blog kita masuk dalam halaman pertama pencarian atau bahkan terlist paling atas pada hasil pencarian.

Langkah Melaksanakan SEO

1.     Carilah produk berupa barang atau jasa yang kedepannya akan booming, sebagai contoh beberapa saat lagi kita akan memasuki bulan Suci Ramadhan. Maka Anda bisa menjual pernak-pernik terkait bulan suci ramadhan seperti kurma, peci, koko, sajadah, kain sarung dll.
2.     Beli domainnya,  setelah Anda memutuskan untuk menjual pernak-pernik terkait bulan suci ramadhan, misalnya Anda akan menjual kain sarung. Maka langkah selanjutnya adalah meriset dan mencari domain yang cocok dengan dagangan Anda melalui Google.Co.Id  atau Google Adwords.
4.   Riset Keyword untuk website Anda, keyword-keyword hasil pencarian Anda di Google Adwords Keyword Tools Anda riset kembali, tentukan mana yang akan Anda jadikan Primary Keyword, Secondary Keyword, dan seterusnya. Fungsinya adalah untuk menjaring sebanyak-banyaknya pengunjung, tapi pengunjung yang Segmented.
5.  Buat websitenya, Salah satu platform dalam pembuatan website yang mudah, simple tetapi power full adalah Wordpress.
6.  Memasukkan SEO OnPage di Website Anda, Setelah Anda berhasil membuat website dengan Wordpress, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memaksimalkan website Anda dengan SEO OnPage. Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu SEO OnPage, SEO sendiri adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Mengoptimalisasi atau memaksimalkan website Anda agar berada di Peringkat 1 di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lainnya. Sedangkan OnPage artinya adalah didalam website
7.  Buat artikel plus tips dan trick sesuai keyword, setelah Anda memaksimalkan website Anda dengan SEO OnPage, kini waktunya Anda untuk membuat artikel atau display barang dagangan Anda. Jadi Anda juga harus menyediakan ”umpan” berupa artikel-artikel yang berisi keyword-keyword dagangan Anda, supaya semakin banyak yang ”terjaring” dan datang ke website Anda. Ketika banyak pengunjung yang datang, maka semakin besar peluang terjadinya transaksi pembelian.
8.  Sering kali terjadi, Anda sudah membuat website dengan sangat bagus dan menarik. Berisi display dagangan dan artikel-artikel yang mengikat banyak pengunjung, tapi lupa untuk mengajak pengunjung untuk membeli produk Anda. Yang pada akhirnya pengunjung di website Anda banyak, tapi penjualannya hanya sedikit.
9.   Website sudah jadi, display produk sudah tertata rapi, artikel-artikel menarik sudah dibuat, SEO OnPage sudah kuat. Kini saatnya untuk berpetualang keluar, atau SEO OffPage. SEO OffPage adalah kebalikan dari SEO OnPage, yaitu optimasi atau memaksimalkan website Anda dengan cara menanam link diluar website Anda, beriklan (gratis maupun berbayar), blogwalking, aktif di social media seperti facebook, twitter, dll. Intinya adalah iklan dimana-mana, tetapi menggunakan kalimat-kalimat ajakan yang soft selling. Lengkapnya, apa dan bagaimana langkah-langkah SEO bisa Anda dapatkan www.Brokol.Com

I.      DATA KONTAK

Banyak kita lalai membuat back up data kontak di HP, padahal data ini sudah dikumpulkan selama bertahun-tahun. Sebelum terjadi musibah hilang data kontak, maka lakukan back up data kontak secara berkala. Sebaiknya data kontak kita dimasukkan dalam data kontak Microsoft Outlook karena mudah diupdate dan dialihkan ke BB dengan cara syncronize secara berkala. Khusus update data kontak BB bisa dilakukan  dengan cara Back up secara remotely (via email) ataupun secara locally (berbentuk file di BB)


By: Afdhal Zikri Mawardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar