Kamis, 23 Januari 2014

Sepenggal Panggilan dari Surga

Hari itu merupakan titik perjalanan penting dalam membumikan suara kebenaran di muka bumi.
Rasulullah SAW, menugaskan 50 pemanah di puncak uhud yang dipimpin sahabat mulia Abdullah bin Jubair..misi mereka adalah jangan biarkan satupun dari 200 pasukan berkuda quraisy mendekati kaum muslimin..amanah dari sang pemimpin agung tegas..agar mereka tidak meninggalkan puncak uhud sebelum diperintahkan turun.

Singkat kata...perang berkecamuk dengan dahsyatnya...semua potensi rasa..tenaga..dan jiwa kaum muslimin terlibat dalam memenangkan pertempuran itu..
Dunia terkapar berhamparan di masa itu..dan terjadilah yang mesti terjadi..



"Kalau kita tidak turun sekarang, kita tidak akan kebagian apa-apa.."..pikir 43 orang pemanah dan mereka abaikan perintah sang pemimpin...berlarian mereka memperebutkan rampasan perang..meninggalkan pos amanah mereka..meninggalkan Abdullah bin Jubair beserta 6 sahabat lainnya..."pergilah kalian menuju dunia...

Sahabat...

Khalid bin Walid, pimpinan pasukan berkuda quraisy, waktu itu belum masuk Islam, melihat momentum yang sangat tepat buat memukul balik kaum muslimin...dia putari bukit uhud...naik kepuncak dan meluluhlantakkan jasad merindu syahid Abdullah bin Jubair dan yang lain...

Sahabat...
Ini pragmen yang mengajarkan kita banyak hal..betapa kesempatan bersua dan menimba kearifan langsung dari wajah Rasullullah tidak menjadikan beberapa sahabat mampu menaklukkan bisikan nafsu..

Sahabat...
Kalau kau berkenan...kau boleh menghadirkan cermin besar dihadapanmu...boleh kau lihat dan dengar ungkapan hati wajah yang ada dalam cermin didepanmu...kalau ada dua pilihan ikut sang pemimpin mulia Rasulullah atau bertekuk lutut...dalam dekapan kerlipan dunia...manakah yang akan kau pilih...sahabat..?

Dulu...
Gara-gara 43 orang yang cinta dunia..hampir saja Manusia mulia, yang begitu kita idolakan dan dambakan syafaatnya kelak, meninggal dunia...dan beliau ketika itu mendapat luka serius diwajahnya yang bercahaya...banyak sahabat yang syahid...termasuk panglima syuhada Hamzah...syahid menuju keridhoan-Nya.

Sahabat...
Setahumu...hari ini apakah hanya 43 orang saja yang cinta dunia?
Atau...
43 ribu...43 juta...atau
Jangan-jangan hanya 43 orang saja yang cinta keridhoanNya...dan berharap bisa bertetangga dengan sang pemimpin mulia, Rasulullah SAW, sembari merasakan indahnya memandang wajah Allah yang bertahta di arasyNya..

Sahabat...
Saya yakin...engkau begitu cerdas untuk bisa memilih...sebagaimana Abdullah bin Jubair..yang dia ternyata tidak mati..tapi hidup dan mendapatkan kemuliaan disisiNya.

Allah SWT...memberikan banyak nikmat pada Abdullah bin Jubair dan para syuhada lainnya...sampai2 Abdullah kalau diizinkanNya, bermohon dikembalikan ke dunia dan syahid kembali...

Dan...
Abdullah bin Jubir...menyampaikan pesan buat penyeru kebaikan sepeninggalnya...kalau kau berkenan wahai sahabat...kau boleh menghadirkan nurani untuk memaknainya..

"Ala khaufun 'alaihim walaahum yahzanuun...jangan takut saudaraku...jangan bersedih..!"

Pesan itu sesayup disampaikan bayu nan berhembus dalam jiwa kita..menggetarkan tenaga jiwa..untuk terus berjalan menebarkan cahaya..tak takut dan sedih karena sedikit cubitan para pembenci cahaya..tak lena dengan secuil hembusan nikmatnya dunia..

Sahabat
Aku memilih setia dengan jalan kebenaran itu...yang telah diwariskan Rasulullah..kalau Abdullah bin Jubair bisa beroleh nikmatnya surga, karena cinta dan setia, tentunya kita juga bisa, kan?



Paljariati Yusral | The Great Leader is You | @PaljariatiYusra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar