Rabu, 01 Agustus 2012

Saran untuk Menu Sehat Berbuka Puasa

Oleh: Dyah Yuliningtyas

MENU BK PUASA PALING SEHAT adalah:
Segelas air agak hangat..

15-20 mnt kmdn fresh juice. atau buah2an segar yang "moderat" seperti pepaya,
apel kupas, melon, pear, korma dll tanpa kulit..

Hindari yg agak ekstrim spt nanas, durian, mangga dan sejenisnya..

30 mnt kmdn barulah makan agak besar..
Mengapa ?

Ada 3 alasan utama:
ALASAN 1:
Perut masih kosong dan konsentrasi asam lambung agak tinggi ditandai dgn "aroma" mulut yg berbeda akibat hawa asam lambung yg naik. Utk itu perlu "diencerkan" dgn segelas air hangat2 kuku. Dan baik utk sdkit menguras ginjal dan menambah persediaan air tubuh yg telah hilang selama hampir 14 jam

ALASAN 2:
Tubuh perlu asupan energi seketika (instant) yg biasanya didpt dari gula. Oleh krn itu asupan fruktosa (karbohidrat sederhana) dr juice atau buah segar akan langsung mengisi energi kita.

Mengapa bukan gula ?
Krn gula hanya glukosa tanpa nutrisi.

ALASAN 3:
Juice atau buah segar akan 100% manfaatnya bagi tubuh saat diminum atau dimakan dengan perut kosong sama sekali. Krn life enzymenya akn bisa diserap semuanya oleh sistem pencernaan tubuh kita.

Namun tenggang minimal 30 menit utk ke makan besarnya.

Jangan campur juice atau buah segar dengan gula, kopi, susu atau apa pun. Biarkan juice dan buah masuk secara independen.

Pola Buka Puasa ini sdh merupakan setengah detoksikasi krn lambung betul2 dlm keadaan kosong dan saluran pencernaan dlm keadaan santai saat mencerna nutrisi dan life enzyme dari juice atau buah segar tersebut.

Yuk Buka Puasa Sehat! Yg sekalian program diet bisa juga nih detox lemak2nya
Website: www.paljariatiyusral.net | Twitter: @InspiratorJiwa | Facebook: UdaPal | HP: 0813 7468 2536 | Pin BB: 2861EAB4 | Email: ipal2015@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar